Visitasi Akreditasi SD Islam Tunas Mandiri

7 December 2021

Akreditasi merupakan suatu agenda wajib yang harus dilaksanakan oleh sekolah. Akreditasi dilaksanakan guna mengukur sejauh mana kualitas dan juga pelayanan sebuah sekolah. Akreditasi sekolah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah). Nilai yang diperoleh sekolah setelah di akreditasi haruslah baik atau sangat baik. Nilai B untuk kategori baik dan nilai A untuk kategori standar kualitas dan pelayanan yang sangat baik.

Tentunya nilai yang baik akan mempengaruhi sekolah untuk jangka waktu ke depannya. Pada tanggal 6-7 November 2018 SD Islam Tunas mandiri telah melakukan visitasi. Visitasi dilakukan oleh 2 asesor dari lembaga akreditasi Jakarta Timur. Seluruh guru dan staf menyiapkan berbagai dokumen serta berkas pendukung demi menunjang kelengkapan penilaian 9 standar pendidikan. Persiapan telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, agar akreditasi dapat berjalan dengan baik.

Akreditasi berlangsung selama dua hari, hari pertama (6 November 2018) kegiatan yang dilakukan adalah pengamatan dan pemantauan aktivitas belajar mengajar di SD Islam Tunas Mandiri. Asesor juga melihat fasilitas-fasilitas yang tersedia di SD Islam Tunas Mandiri kemudian merasakan suasana, kondisi, dan lingkungan sekolah serta menyempatkan tanya jawab dengan beberapa peserta didik.

Hari kedua (7 November 2018) visitasi berlangsung di ruang meeting yang letaknya bersebelahan dengan musholla. Asesor menyoroti kelengkapan yang terdapat pada 9 standar pendidikan. 9 standar tersebut terdiri dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar penilaian, dan terakhir standar pembiayaan yang kemudian disesuaikan kebenarannya. Bukti fisik seperti RPP, silabus, kisi-kisi, bank soal, SK, penugasan guru serta foto kegiatan di sekolah yang terdokumentasi. Mulai dari rapat guru, bakti sosial, pesantren ramadhan dan lain-lain.
Demi melengkapi segala instrumen di atas, seluruh guru dan staf harus berkerja ekstra keras, membagi tenaga, pikiran, dan waktu. Semoga dengan terlaksananya Visitasi terhadap SD Islam Tunas Mandiri dapat menjadi sekolah yang semakin unggul dan semakin bersinar.

Author By: Aditya Priyo Rihandoko, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *